Kamis, 20 September 2012

Cara Haji Rasulullah SAW (secara ringkas)

Bissmillaahirrahmaanirrahiim.

Assalamu'alaikum Wr Wb.
     Perjalanan Ibadah Haji adalah perjalanan suci yang memerlukan kesiapan fisik dan mental, termasuk tentang manasik (tata cara) perjalanan Haji. Berikut ini tata cara secara ringkas perjalanan haji Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam.

MADINAH.
Tgl 25 Dzul Qo'dah : Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam meninggalkan Madinah, setelah sholat dhuhur dan sholat Ashar (diqashar) di Bir Ali / Dzulhulaifah.

MAKKAH.
Tgl 04 Dzulhijjah  :Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam tiba di Makkah.Beliau melaksanakan thawaf, sa'i dan tahalull (haji tamattu'). Haji tamattu' yaitu melaksanakn umroh dalam bulan haji       ( tanggal 1 Syawal sampai dengan tanggal10 Dzulhijjah). pelaksanaan haji ini dikenai Dam (denda satu ekor kambing)


MINA.
tgl 08 Dzulahijjah / hari tarwiyah (persipan) : Setelah sholat shubuh, Beliau berangkat ke Mina Mabit ( bermalam). Melaksanakan  Sholat dzuhur, Sholat Ashar, Sholat Maghrib dan sholat Isya' (dengan mengqoshor sholat yang 4 rekaat.  kemudian Sholat Shubuh (hari berikutnya).

KE ARAFAH.
Setelah melaksanakan sholat shubuh Beliau berangkat menuju ke Arafah, kemudian berhenti di Masjid Ibrahim (Masjid Namirah) yaitu wilayah setengah Muzdalifah dan setengahnya lagi masuk wilayah Arafah.

MUZDALIFAH.
Beliau istirahat dibagian wilayah Muzdalifah, menjelang waktu sholat dhuhur Beliau berkotbah satu kali, kemudian melaksanakan sholat dzuhur dan sholat Ashar di jama' taqdim.

ARAFAH.
Setelah selesai sholat Beliau masuk ke Wilayah Arafah (Wukuf). didekat bukit atau Jabal Rahmah Beliau bedoa dengan mengangkat tangan (duduk diatas Onta)

MUZDALIFAH.
Setelah matahari tenggelam, Beliau bergerak meninggalkan Arafah menuju Muzdalifah dan mabit semalam, yang kemudian disebut Masy'aril Haram (sekarang tempat ini dibangun Masjid), selanjutnya mengambil kerikil untuk melempar jumrah.

MINA.
Setelah sholat shubuh beliau menuju Mina, sampai matahari terbit Beliau melempar Jumroh Aqobah dengan 7 kerikil.
Sebelum mencukur Beliau menyembelih onta 100 ekor, 63 ekor diantarnya disembelih oleh Beliau sendiri. Kemudian Beliau bercukur (gundul).

MAKKAH-THAWAF IFADHOH
Selanjutnya Beliau dan Rombongan meninggalkan Mina menuju Masjidil Haram Makkah untuk melaksanakan Thawaf Ifadhoh, dan kembali lagi ke Mina. Beliau sholat dzuhur di Mina.

MINA (3hari 3malam)
Beliau Mabit di Mina selama tiga hari tiga malam, dan setiap setelah waktu dhuhur Beliau melontar  tiga  Jumroh yaitu Ula, Wustho dan Aqobah masing-masing tujuh kerikil. Setiap habis melontar jumroh Ula dan Wustho Beliau Berdoa, dan tidak lagi berdoa setelah melontar jumroh Aqobah. Selama di Mina pelaksanaan Sholat dilakukan dengan mengqoshor yang jumlahnya empat rekaat tetapi tidak di jama'.

MAKKAH
Hari terakhir di Mina, setelah  melontar ketiga jumroh Beliau menuju Makkah. Malam harinya Beliau menuju Masjidil Haram untuk melaksanakan Thawaf Wada'
Setelah selesai Beliau meninggalkan Makkah menuju kembali ke Madinah (Pulang ke Rumah)

Dengan demikian selesailah Ibadah Haji Beliau Rasulullah Shallallahu 'Allaihi wa Sallam..



Wassalamu'alaikum Wr. Wb.






2 komentar:

  1. semoga aku bisa datang mengunjungi Baitullah dan bisa mengikuti manasik Rasulullah SAW. Amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin... Semoga do'a nya dapat dikabulkan Allah SWT.

      Hapus