Minggu, 23 September 2012

CARA MELAKUKAN IBADAH HAJI

Assalamu'alaikum Wr. wb
Dalam melakukan Ibadah Haji terdapat 3 cara, yaitu TAMATTU', QIRAN dan IFRAT.

Haji Tamattu' : yaitu berihram untuk untuk melakukan Umrah pada bulan-bulan Haji (yaitu mulai dari hari pertama bulan Syawal sampai terbit fajar pada hari kesepuluh bulan Dzulhijjah) lalu berahallul. Kemudian berihram untuk malakukan haji dari Makkah atau sekitarnya pada hari Tarwiyah (tanggal 8 Dzulhijjah) pada tahun Umrahnya tersebut.

Haji Qiran : yaitu berihram untuk Umrah dan haji sekaligus pada bulan haji, dan tetap dalam keadaan ihram (tanpa tahallul) smpai hari Nahar (tanggal 10 Dzulhijjah). Atau berihram untuk Umrah pada bulan-bulan haji, kemudian sebelum melakukan tawaf Umrah ia memasukkan niat Haji.

Haji Ifrat : yaitu berihram untuk haji pada bulan-bulan haji dari miqat atau dari rumah bagi yang tinggal di daerah antara miqat dan Mekkah, atau dari Mekkah bagi yang tinggal disana. Kemudian ia tetap dlam keadaan ihram sampai hari Nahar, ini apabila ia membawa hadyu (hewan sembelihan), kalau tidak maka dianjurkan baginya untuk merubah niatnya hajinya kepada umrah, sehingga menjadi haji Tamattu', kemudian ia melakukan tawaf lalu sa'i dn memendekhan rambutnya, kemudian tahallul. Sebagaimana yang telah diperintahkan Nabi SAW kepada orang-orang yang berihram haji, yang tidak membawa beserta mereka hewan sembelihan. begitu pula bagi yang berihram untuk haji Qiran, dianjurkan untuk merubahnya menjadi haji Tamattu', apabila ia tidak membawa besertanya hewan sembelihan berdasarkan perintah Nabi SAW di atas.

Di antara tiga cara haji tersebut, yang lebih afdhal adalah haji Tamattu' bagi yang tidak membawa hewan sembelihan, karena Rasulullah SAW telah memerintahkan hal itu kepada para sahabat dan menekankannya kepada mereka.

Wassalamu'alaikum Wr wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar