Sabtu, 22 September 2012

TEMPAT-TEMPAT ZIARAH DI MAKKAH

 Bismillaahirrahmaanirrahim.

Assalamu'alaikum Wr Wb.

Banyak tempat ziarah yang dikunjungi sewaktu berada di Makkah Al Mukarromah, tetapi harus diingat bahwa Allah SWT telah menetapkan beberapa kewajiban, dan menganjurkan kita untuk melakukan berbagai amalan sunat. Dan Allah SWT tidak akan menerima amalan yang sunat dari orang yang menyia-nyiakan amalan-amalan yang wajib. Kita dalam berziarah harus menghindari perbuatan yang dapat menyakiti atau mengganggu satu sama lain. Adapun tempat-tempat ziarah tersebut diantaranya :

MASJIDIL HARAM.
Masjid tertua di dunia, yang dibina semenjak zaman Nabi Ibrahim hingga zaman Nabi Muhammad SAW, hingga hari ini. Masjidil Haram ini mempunyai keistimewaan dari pahala yang sangat besar bila beribadah didalamnya.

KA"BAH.
Telah ditetapkan oleh Allah SWT menjadi qiblat umat Islam. Ka'bah dibangun oleh Nabi Ibrahim bersama putranya Ismail dan dibantu oleh para Malaikat atas perintah Allah SWT.


MULTAZAM.
Multazam adalah tempat yang mustajab (mudah dikabulkan) bagi yang berdoa disana kepada Allah SWT. Barang siapa dari hamba Allah yang berdoa disana pasti dikabulkan oleh Allah SWT.

HIJIR ISMAIL.
Semacam pagar tembok melingkar separuh bulatan, dibangun oleh Nabi Ibrahim sewaktu membangun Ka'bah. Ali r.a. berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda kepada Abi Hurairah r.a.:"Sesungguhnya didepan  pintu Hijir Ismail ada Malaikat yang senantiasa berdoa untuk orang-orang yang memasuki Hijir Ismail dan Shalat dua rekaat didalamnya: 'Semoga engkau mendapat ampunan dari Allah atas semua dosa-dosamu yang lampau dan semoga lebih baik amalmu. Pada pintu yang lain ada Malaikat yang senantiasa menjaga Ka'bah sejak Ka'bah didirikan dan selalu berdoa kepada orang yang shalat didalamnya: 'Semoga engkau mendapatkan rahmat dari Allah , apabila kamu sebagai umat Muhammad yang bertaqwa.

TALANG EMAS,
Usman bin Affan r.a. berkata kepada para sahabat:"Kamu sekalian tidak perlu bertanya dimana aku tadi berada. Aku telah berdiri di pintu surga, yaitu berdiri dibawah miizaab (talang emas) sambil berdoa kepada Allah SWT.

HAJAR ASWAD.
Dalam hadist riwayat Ibnu Majah : "Hajar Aswad laksana tangan kanan Allah Azza Wa jala di bumi ini untuk hambaNya yang bersalaman dengan-Ny"
.
MAQAM IBRAHIM.
Sebuah batu yang ditutup dengan kaca berbentuk runcing tirus sebagian atapnya. Batu ini asal mulanya adalah tempat berpijak bagi Nabi Ibrahim sewaktu Beliau membangun Ka'bah. Tempat ini juga termasuk diantara tempat yang mustajab untuk berdoa.

RUKUN YAMANI.
Dalam hadist riwayat Ibnu Majah dari Abi Hurair r.a. Rasulullah SAW bersabda: " Allah mewakilkan 70 Malaikat di Rukun Yamani. Barang siapa yang berdoa 'Ya Allah aku mohon  kepadaMu ampunan dan kesejahteraan di dunia dan di akherat. Ya Allah anugrahilah kami kebaikan di dunia dan diakherat hidarkan kami dari siksa neraka' Malaikat mendoakan: Aamiin:.

ZAM-ZAM.
Menurut riwayat adalah hentakan kaki Nabi Ismail ketika ibunya Siti Hajar mencari air minum. Hadist riwayat Ibnu Majah, Jabir berkata "Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda 'Air zam-zam itu menjadi kehendak peminumnya'.

SAFA DAN MARWA.
Merupakan dua bukit yang menjadi tempat mengerjakan Sa'i, sangat erat hubunganya dengan riwayat Siti Hajar ketika mencari air untuk putranya Ismail.

MAULID NABI.
Tempat kelahiran Nabi Muhammad SAW di Suqullail. Kini tempat tersebut telah didirikan sebuah Kutubkhanah (Perpustakaan).

MA'LA.
Tempat pekuburan lama yang masih berfungsi sampai sekarang. Disinilah tempat dimakamkannya Khadijah binti Khuwailid, salah seorang istri Rasulullah SAW.

GUA HIRA'.
Suatu celah yang sempit yang biasa disebut dengan istilah Gua, letaknya sekitar 6 km di sebelah timur Kota Makkah, dipinggir jalan menuju Ja'ronah. Gua Hira digunakan oleh Rasulullah untuk bertafakkur dan beribadah sebelum Beliau menerima Wahyu dan dinobatkan oleh Allah SWT sebagai Nabi dan Rasul.

JABAL NUR.
Adalah tempat dimana Gua Hira berada. Disini tempat ketika Nabi menerima Wahyu yang pertama, dan merupakan tempat bersembunyi setelah gagal memperoleh dukungan dari penduduk Taif.

JABAL TSUR,
Adalah gunung tertinggi diantara gunung-gunung disekitarnya. puncaknya terdapat Gua Tsur yang pernah menjadi tempat persembunyian Nabi SAW dan Sayidina Abu Bakar sewaktu dalam perjalanan hijarah ke Madinah.

ARAFAH.
Adalah padang sahara yang luas, dikelilingi oleh bukit-bukit. Jauhnya kira-kira 25km dari kota Makkah. Disini tempat mengerjakan Wukuf yaitu puncak Ibadah Haji.

JABAL RAHMAH.
Adalah tempat yang puncaknya terdapat tugu putih. Menurut riwayat, Nabi Adam dan Siti Hawa setelah diturunkan dari surga akhirnya bertemu di Padang Arafah dan berkumpul di Jabal Rahmah ini setelah kira-kira 100 tahun berpisah.

MUZDALIFAH.
Tempat bermalam bagi jama'ah Haji, juga menjadi tempat mencari sebagian batu kerikil untuk melontar jumroh pada hari-hari di Mina.

MINA.
Bandar kecil di sebelahTimur kota Makkah denga jarak kira-kira 7 km. Diluar musim haji
tempat ini merupakan tempat yang sepi. Disinilah teletak ketiga jumroh tempat melontar batu (Ula, Wustha dan Aqabah) dan tempat penyembelihan  binatang qurban.

Wassalamu'alaikum Wr Wb,



Tidak ada komentar:

Posting Komentar